Technopark
SUSUNAN PENGURUS
Website Teknopark
Technopark

TECHNOPARK SMK NEGERI 3 MALANG berdiri berdasarkan Surat Keputusan Kepala SMK Negeri 3 Malang Nomor: 800/506/101.6.10.13/2018 Tanggal 19 Oktober 2018 dan telah diresmikan secara seremonial pada acara LAUNCHING DAN EXPOSE TECHNOPARK SMKN 3 MALANG pada Rabu, 28 Nopember 2018 bertempat di Lapangan Olah Raga Sekolah Jalan Surabaya No. 1 Malang.

Technopark SMK Negeri 3 Malang berdiri berawal dari Program Bantuan Dit.PSMK Jakarta sebesar Rp 365.0000.000. Tahap penerimaan bantuan dimulai pada pelaksanaan Bimbingan Teknis (Bimtek) Bantuan Pengembangan Technopark SMK Tahun 2018 pada tanggal: 8 Mei 2018, yang selenggarakan di Grand Soll Marina Hotel Tangerang Jalan Pajajaran No.501, Jatiuwung, Cibodas, Gandasari, Jatiuwung, Kota Tangerang, Banten 15137 selama 3 hari berlangsung pada tanggal 14 s.d 16 Mei 2018. Tahap selanjutnya dilaksanakan Program Pendampingan dengan Pendamping dari STP NHI Bandung dan berlangsung selama 2 tahap, yakni:

1.    Tahap 1 berlangsung pada tanggal 26 s.d. 28 Juli 2018 dengan pendamping Mochamad Nurrochman, S.Sos., M.Pd dan Rikantini Widiyanti, SST.Par

2. Tahap 2 berlangsung pada tanggal 18 s.d. 20 Oktober 2018 dengan pendamping Rikantini Widiyanti, S.ST.Par., M.S.M dan Andi Asmara, SE.

Technopark merupakan salah satu bentuk wadah untuk menghubungkan institusi sekolah dengan dunia industri. Definisi dari Technopark atau Sciencepark adalah suatu kawasan terpadu yang menggabungkan dunia industri, sekolah, pelatihan, kewirausahaan, perbankan, pemerintah pusat dan daerah dalam satu lokasi yang memungkinkan aliran informasi dan teknologi secara lebih efisien dan cepat. Program Technopark di SMK Negeri 3 Malang dicanangkan sebagai pusat dari beberapa Teaching Factory/Unit Produksi. Technopark akan menjadi “Think-Tank” sekolah dalam pengembangan kreativitas dan inovasi produk/ jasa teaching factory yang harus mampu menyesuaikan perkembangan industri dan kebutuhan konsumen. Technopark juga akan mempromosikan potensi daerah yang relevan untuk pengembangan ekonomi daerah dan sekaligus mempermudah komunikasi dengan dunia industri. Tujuan yang diharapkan bagi sekolah dengan adanya program bantuan Technopark ini adalah sekolah dapat menciptakan calon wirausaha-wirausaha muda untuk mampu bersaing di dunia industri sesuai bekal kompetensi yang telah diperoleh di sekolah dan selanjutnya mereka akan dapat mengembangkan kreatifitasnya dan berinovasi sesuai bidangnya. Secara singkat Technopark SMK Negeri 3 Malang meliputi program:

a.    Menciptakan Start up

b.   Pengembangan Teaching Factory

c.     Bisnis Tenant

d.   Pelatihan/ Inkubasi bisnis

e.     Kewirausahaan

SUSUNAN PENGURUS

Pengurus Technopark terdiri dari Direktur, Manajer Produksi, Manajer Pemasaran, serta Manajer Administrasi dan Keuangan. Pengurus tersebut secara struktural bertanggungjawab langsung kepada Kepala Sekolah dan susunan pengurus tersebut digambarkan pada bagan struktur organisasi di bawah ini:

Website Teknopark

Kunjungi : http://go3can.com

Pihak Sekolah dengan DU/DI, Dinas Pendidikan Jatim
Penjelasan Kepada Kepala Cabdin Jatima, DU/DI dan Jurusan di SMKN 3 Malang oleh Kepala Sekolah
DSC_0141
Sambutan berserta Peresmian Program Tecno Park di SMKN 3 Malang oleh Bapak Cabang Dinas Jatim (Malang)
Program Pendampingan  Tecnopark
Sesi Tanya Jawab Tim Teknopark dengan Narasumber Pendamping
Pendamping Tecnopark
Koordinasi Tim Sekolah/Jurusan dengan Indunstri
Materi dari pendamping
Salah Satu Presentasi mengenai program yang dilaksanakan oleh Jurusan Tata Busana mengenai program Tecnopark
Foto Bersama Pendamping dengan Tim Tecnopark SMKN 3 Malang

Technopark memiliki tujuan agar peserta didik menjadi manusia yang produktif, mampu bekerja mandiri, mampu mengisi lowongan pekerjaan yang ada sebagai tenaga kerja tingkat menengah sesuai dengan kompetensi dalam program keahliaanya yang dipilihnya, dan juga peserta didik mampu memilih karir, ulet dan percaya diri dalam berkompetensi, beradaptasi di lingkungan kerja dan mengembangkan sikap profesional dalam bidang keahliannya yang diminatinya.

Untuk mencapai itu semua maka sekolah dengan program technopark ini membekali peserta didik dengan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni agar mampu mengembangkan diri di kemudian hari baik secara mandiri maupun melalui jenjang pendidikan yang lebih tinggi, dan juga membekali peserta didik dengan kompetensi-kompetensi yang sesuai dengan program keahlian yang dipilih.

Kegiatan Technopark

Produk Inovasi