Hai, guys! Apa kabar kalian??? Well, kali ini kita mau bahas tentang bulan bahasa 2018 di SMEKANEGAMA, yang mengusung tema “Cintai Bahasa, Wujudkan Generasi Emas Bangsa”. BBS ( Lebih enak gini kan, ya…) kali ini, dimulai dari tanggal 23-25 Oktober 2018 yang diselenggarakan di perpustakaan kita tercinta. Dimana lagi, kalau tidak di perpustakaan SMEKANEGAMA.

Banyak sekali, lomba yang diselenggarakan oleh panitia BBS tahun ini, yang tidak lain dan tidak bukan, adalah teman-teman kita, dari ekskul Perpustakaan yakni para anggota Pendekar Pustaka. Lomba-lomba yang diselenggarakan, yaitu lomba bercerita/mendongeng, lomba reportase berita, lomba presentasi luputan, dan juga lomba musikali puisi. Yang unik dari BBS kali ini, adalah adanya lomba presentasi luputan. Hayoo, ada yang tahu ga, apa yang dimaksud dengan luputan ini???

Okay, yang dimaksud dalam lomba presentasi luputan, adalah lomba dimana peserta lomba yang terdiri dari dua orang, harus mencari plakat atau banner yang terpasang di pinggir jalan, dan berfoto bersama, untuk kemudian menganalisa tulisan dalam plakat/banner tersebut, dengan menyesuaikan aturan yang terdapat dalam KBBI, dan juga PUEBI. Lomba ini, baru pertama kalinya diselenggarakan di BBS SMEKANEGAMA, lho!

Pada hari pertama BBS dilaksanakan, banyak sekali peserta lomba yang antusias dalam mengikuti acara. Menyenangkan sekali, melihat mereka yang antusias mendongeng, dan bercerita ke penonton. Ada yang bercerita dengan gaya menghafal, serius, bahkan konyol juga ada! Terasa sekali, semangat para peserta yang membara.

Pada hari kedua, terdapat dua jenis lomba yang diadakan, yaitu lomba reportase berita, dan juga presentasi luputan. Wuii…hari kedua pun, tidak kalah dari hari pertama! Peserta terlihat antusias dalam membawakan live berita. Mulai dari berita gempa di Donggala-Palu, Sport, sampai perilisan film boyband asal Korea Selatan, BTS juga ada, lho! Selain itu, lomba presentasi luputan, juga tidak kalah serunya. Juri bahkan, dibuat kagum oleh beberapa peserta yang terlihat handal dalam menjelaskan kesalahan penulisan, dan membenarkannya sesuai KBBI dan PUEBI.

Nah, ini yang paling ditunggu-tunggu! Pada hari terakhir, yaitu puncak acara BBS SMEKANEGAMA 2018, diadakan lomba musikali puisi. Wuii…jelas sekali, para peserta terlihat antusias. Semangat mereka bahkan terlihat membara dan berapi-api. Jelas lah, ya…memangnya, siapa sih, yang tidak suka dengan musik, apalagi ditambah dengan puisi, cool! Para peserta lomba membawa sendiri alat musik yang akan digunakan, mulai dari flute, gitar, harmonika, bahkan sampai alat musik tradisional, angklung dan gamelan, juga ada, lho. Keren, bukan? Puisi yang mereka bawakan bertema “Menuju Generasi Emas”, yang beberapa dari mereka membawakannya dengan penuh penghayatan, sampai-sampai membuat penonton merinding, meresapi isi puisi tersebut. Keren, pokoknya!

Selain, lomba-lomba yang seru, dan tentunya mendidik kita untuk mencintai bahasa Indonesia, ada juga spot foto bagi para genZ yang punya kebiasaan selfie, wefie gituuuu,hehehe…

Ditambah lagi, panitia BBS SMEKANEGAMA 2018 ini juga mengadakan bazar buku yang letaknya di depan perpustakaan SMEKANEGAMA. Bazar buku ini, selain harga bukunya yang murah, juga banyak jenisnya. Ada buku novel, komik, manga, majalah, kumpulan puisi, dan masih banyak lagi. Dan lagi, bazar ini dibuka selama BBS berlangsung.

Tidak lupa, di akhir acara, ada penampilan penghibur dari Embun band, lho. Yang jelas bagus banget bingitzzz binggooo, hehehe…(abaikan kalimat alay itu, yah…maklum lah, siapa si yang tidak suka Embun band? Pastinya bukan saya).

Yang pasti, BBS SMEKANEGAMA akan selalu seru, dan bertambah baik di kedepannya. Tentunya, dengan panitia dari teman-teman Pendekar Pustaka yang akan selalu kompak (Hidup Pendekar Pustaka!).

Well, sepertinya saya sudah menjadi penulis artikel tercerewet yang pernah ada. Jadi, sekarang saatnya bagi saya untuk pamit. Tak lupa, saya yang penulis amatiran ini, meminta keripik, eh…kritik beserta sarannya, ya…

Salam literasi!

By: Fraola (Pendekar Pustaka) / X APH 2


Lomba ReportaseBerita

Lomba Musikalisasi Puisi

Lomba Musikalisasi Puisi

Lomba Mendongeng

Lomba Luputan

Panitia Lomba Bulan Bahasa

Peserta Dan Juri Lomba

2 Thoughts to “Peringatan Bulan Bahasa 2018 SMK N 3 Malang”

  1. barakallah…
    salam literasi

    1. Hayyu syafa andhika

      Ok bagus sekali

Leave a Comment