Penilaian Pembelajaran Aktif pada Mata Pelajaran PKn

Penilaian Pembelajaran Aktif pada Mata Pelajaran PKn

Dipublikasikan pada Seminar Nasional Pendidikan : Desain Pembelajaran di Era Asean Economic Community (AEC) untuk Pendidikan Indonesia Berkemajuan

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui penilaian dalam pembelajaran aktif pada mata pelajaran PKn. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan subjek penelitian adalah siswa kelas XII Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) pada Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Malang. Penelitian ini meliputi tiga aspek dalam penilaian pembelajaran yang diterapkan dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, yakni aspek pengetahuan, aspek sikap, dan aspek keterampilan. Adapun hasil penelitian pada siklus pertama menunjukkan bahwa 77% siswa pada aspek pengetahuan telah memenuhi KKM, pada aspek sikap menunjukkan hasil hasil 65%, sedangkan aspek keterampilan menunjukkan sebesar 60%. Pada siklus kedua menunjukkan bahwa aspek pengetahuan mengalami peningkatan menjadi 94%, aspek sikap 76%, dan pada untuk aspek keterampilan sebesar 80%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan pada setiap siklus dan pada setiap aspek penilaian pembelajaran aktif.

Soekardi Arif Widijanto – Guru PKn SMK Negeri 3 Malang

Tinggalkan Balasan