Kesesuaian ilmu yang di dapat di sekolah dengan kebutuhan dunia kerja saat ini memang sangat harus diperhatikan oleh seluruh pihak dalam hal ini PUSLITJAKDIKBUD, BALITBANG, KEMENDIKBUD melakukan penelitian dan verifikasi tentang Kesesuaian Kurikulum SMK dengan kompetensi yang dibutuhkan dunia kerja dalam hal ini untuk Kompetensi Keahlian Jasa Boga di SMK Negeri 3 Malang.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi kompetensi lulusan SMK untuk Kompetensi Keahlian Tata Boga yang sesuai dengan kebutuhan dunia kerja, merumuskan pola mekanisme penyelarasan Kurikulum SMK untuk Kompetensi Keahlian Jasa Boga, serta verifikasi dan pendalaman data di SMK Negeri 3 Malang agar sesuai dengan tuntutan kebutuhan dunia kerja yang up to date.

Pemateri dari PUSLITJAKDIKBUD yang hadir di SMK Negeri 3 Malang adalah Bapak Subijanto sebagai Peneliti Utama, Bapak Darmawan Sumantri sebagai Peneliti Muda, dan Bapak Iwan Mustari sebagai Peneliti Pertama. Kegiatan penelitian ini diikuti oleh Kepala Sekolah, seluruh Wakil Kepala Sekolah, guru – guru Tata Boga, dan pihak Industri yang diundang yaitu FB Manager Hotel Aria Gajayana Malang dan Hotel Golden Tulip Batu yang dilaksanakan pada tanggal 25 – 27 Juli 2019.

2 Thoughts to “Penelitian Kesesuaian Kurikulum SMK dengan Kompetensi Keahlian Jasa Boga yang dibutuhkan Dunia Kerja 2019 oleh PUSLITJAKDIKBUD, BALITBANG, KEMENDIKBUD Jakarta”

  1. Subijanto

    Semoga SMKN 3 Malang mampu mengikuti perkembangan IPTEK dan selalu selaras dengan kebutuhan DUDI sehingga lulusannya memilikikompetensi yang handal dan berdaya saing tinggi. SSMKN 3 menjadi contoh bagi SMK lainnya khususon dalam menerapkan kurikulum ASEAN Tourism. Kata kunci: menyenangi tugas dan pekerjaan bekerja dengan ikhlas and do your best

    1. SMKN 3 MALANG

      Terima kasih Pak SUbijanto atas perhatian dan dukungannya pada sekolah kami Inshaa allah kami akan melakukan yang terbaik sesuai dengan amanat dan fungsi kami sebagai guru demi mencerdaskan anak – anak bangsa untuk menyongsong Revolusi Industri 4.0

Leave a Comment