Pameran Hasil Karya Peserta Didik dan Start-Up Bisnis 2020

Usai sudah rangkaian pelaksanaan Pameran Hasil Karya Peserta Didik dan Start-Up Bisnis  SMK Negeri 3 Malang tahun 2020. Pelaksanaan kegiatan yang merupakan program pengembangan dari Direktorat SMK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah dilaksanakan SMK Negeri 3 Malang dengan lancar. Setelah melaksanakan kegiatan Workshop secara luring di Ala SMK Negeri 3 Malang yaitu pada bulan November 2020 lalu, kemudian dilanjutkan dengan Worskshop secara daring pada tanggal 18 Desember 2020 dipungkasi dengan acara pameran hasil katya peserta didik pada tanggal 22 dan 23 Desember 2020.

Kegiatan sendiri dilaksanakan secara virtual artinya dilakukan dengan mengundang tamu secara terbatas. Hadir dalam acara tersebut yaitu Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Wilayah Kota Malang dan Kota Batu, Ibu Dr. Ema Sumiarti, M.Si, Pengawas SMK Negeri 3 Malang Bapak Hariadhi, S.Pd, dan perwakilan Komite SMK Negeri 3 Malang.

Kepala SMK Negeri 3 Malang, Ibu Dra. Faizah, M.Pd memberikan sambutan dalam Pameran Hasil Karya Peserta Didik dan Start-Up Bisnis. Bu Faiz menyampaikan bahwa kegiatan ini adalah bukti bahwa SMK Negeri 3 Malang tidak berhenti berprestasi, berinovasi, dan berkarya meskipun pada masa pandemi. “Pameran hasil karya peserta didik SMK Negeri 3 Malang pada kali ini merupakan salah satu upaya untuk menunjukan kepada masyarakat bahwa SMK Negeri 3 Malang tidak berhenti berkarya dan berprestasi meskipun dalam suasana pandemi,” kata Bu Faiz. Menurutnya, bahwa semangat dan kerja keras seluruh elemen SMK Negeri 3 Malang baik guru, karyawan, dan peserta didik adalah faktor utama dalam berkreasi dan berprestasi. Terlebih hal ini merupakan wujud dari motto SMK Negeri 3 Malang. “Hal ini menjadi bukti bahwa semangat Raih Prestasi Junjung Tinggi Budi Pekerti tak kendur meski dengan budaya dan kebiasaan kenormalan baru di masa pandemi,” kata Bu Faiz.

Bu Faiz menambahkan, bahwa adaptasi terhadap lingkungan dan keadaan sangat penting. Sebagai mahluk sosial, manusia harus mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan dan keadaan yang dihadapinya agar ia tetap dapat bertahan. “SMK Negeri 3 Malang terus beradaptasi dan berinovasi dalam memberikan bekal dan ilmu kepada generasi milenial agar mereka mampu bersaing ditengah tuntutan globalisasi, tantangan revolusi industri, bahkan di masa pandemi. SMK Negeri 3 Malang berusaha memberikan fasilitas terbaik kepada siswa dalam mendukung dan mengembangkan kompetensi sesuai dengan bakat dan minatnya,” ungkap Bu Faiz. Mengakhiri sambutannya, Bu Faiz berharap bahwa siswa SMK Negeri 3 Malang untuk terus memelihara semangat pejuang, pantang menyerah, dan terus bekerja keras untuk menghadapi tantangan global. Hal ini dilakukan untuk menjadikan siswa SMK Negeri 3 Malang yang berprestasi dan dapat menjadi kebanggaan negeri. “Selamat berkarya siswa SMK Negeri 3 Malang. Derapkan langkahmu bak perwira untuk meraih prestasi gemilang. Jadilah generasi yang pandai, terampil, dan berbudi sehingga menjadi kebanggaan negeri,” kata Bu Faiz.

Apresiasi tinggi disampaikan oleh Ibu Ema Sumiarti atas kegiatan tersebut. Menurut Bu Ema masa pandemi ini tidak boleh menjadi hambatan untuk terus berprestasi dan berinovasi terutama untuk SMK. Selain itu, Bu Ema juga berharap SMK Negeri 3 Malang terus berkembang. “Kedepan kita harapkan SMK Negeri 3 Malang lebih baik lagi. Tahun depan SMK Negeri 3 Malang menjadi SMK BLUD, mari kita doakan bersama-sama,’ ungkap Bu Ema. Bu Ema juga mendorong agar SMK Negeri 3 Malang terus berkolaborasi dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri untuk mengembangkan kurikulum dan meningkatkan kerjasama lainnya.

Adapun stand-stand pameran yang disiapkan oleh SMK Negeri 3 Malang terdiri dari 3 program keahlian yaitu Tata Busana, Tata Boga, dan Tata Kecantikan Kulit dan Rambut. Pada stand pameran Tata Kecantikan Kulit dan Rambut menampilkan paket Wedding Organizer dan proses melukis Hena yang dilakukan oleh siswa Tata Kecantikan Kulit dan Rambut SMK Negeri 3 Malang.

 Sedangkan stand Tata Boga menampilkan beragam keahlian dan produk, diantaranya adalah Table Manner. Table Manner merupakan produk Teaching Factory SMK Negeri 3 Malang. Selain itu juga terdapat sajian Banana Flambe, produk-produk wirausaha siswa Tata Boga serta sajian Sinau Kopi yang merupakan produk siswa Tata Boga kelas XII.

Selanjutnya pada progam keahlian Tata Busana menampilkan Live desain busana yang dipraktekan oleh siswa, pameran produk siswa Tata Busana, serta Fashion Show hasil karya siswa yang ditampilkan pada acara Malang Fashion Week 2020 lalu.

PAMERAN VIRTUAL HASIL KARYA PESERTA DIDIK SMK NEGERI 3 MALANG TAHUN 2020

Tinggalkan Balasan