Sabtu, 7 September 2019 adalah hari yang paling dinanti nanti. Menanti  “Ekstrakulikuler Perpustakaan SMKN 3 Malang” nama kerenya Pendekar Pustaka : Pelajar Pelopor Minat Baca mengadakan diklat ke 5. Diklat kali ini bertempatan di alam Hutan Pinus Semeru , Wajak . Tempat yang asing bagi saya. Jika mendengar kata pinus, sejenak terlintas di kepala suasana rimbun dedauanan diselangi bunyi angin yang mendesir.

Diklat ini merupakan diklat pertama yang paling seru yang pernah mereka rasakan, menurut pendapat salah satu peserta. Di acara diklat kali ini ada sesuatu yang berbeda lho gaes. Kira – kira apa ya yang berbeda dari biasanya ? kasih tau gak yes, makanya pantengin terus artikel ini ya, jangan baca setegah setengah , apalagi sampai di skippp, pokonya harus baca dari awal. Diklat kali ini kita tidak ada gabungan dengan ekskul lain, karena anggota yang banyak dan dominan cewek, akhirnya kita memutuskan untuk mengadakan sendiri seperti halnya ekskul lainnya.

Pukul menunjukkan 05.30 tet, para peserta diklat dari ekstrakulikuler pendekar pustaka sudah stand by dan berkumpul di sekolah. Kami mulai melakukan perjalanan pukul 06.30  wib. Hehehe…. Banyak nih yng disiapin, sampai akhirnya molor 1 jam’an. Maklum jam karet. Tau gak  nih,, kita  berangkat dengan menggunakan kendaraan apa ? naik truk. Kayak kumpulan sapi aja ya,, ehh Upss ,,, gak kok gaes, kita emang buat konsep yang berbeda dengan tahun sebelumnya, mulai kendaraan sampai kegiatan acara berakhir.

Sepanjang perjalanan  para peserta diklat pendekar banyak yang berdiri sambil melihat pemandangan (biar gak sempit sih), ya walaupun sesekali menunduk karena takut ketahuan polisi. Nah sesampainya disana ekstrakulikuler pendekar pustaka pun mulai melaksanakan kegiatannya. Jadi , disini saya akan ceritakan gimana dan ngapain aja di ekstrakulikuler pendekar pustaka.

Acara pertama dimulai dengan sarapan pagi bersama. Karena perjalanan yang jauh sekitar 2 jam lebih, acara kita buka dengan sarapan disana. Kemudian dilanjutkan dengan pembukaan yang dibuka oleh Bu Irma selaku Pembina Ekskul Perpustakaan. Mbak Irma mulai menjelaskan materi Perpustakaan dan Materi tentang Pendekar Pustaka. Lebih banyak menjelaskan tentang kegiatan apa saja yang ada di ekskul perpustakaan ini, mulai dari bulan bahasa, acara Mokel (Moco Keliling), Bakti Sosial, Wisata Edukasi, de el el. hehehe

 Acara kedua, para peserta diklat ekstrakurikuler perpustakaan ini diminta memperkenalkan diri dengan menyebutkan nama ,kelas , dan visi misi megikuti ekskul pendekar pustaka ( motto hidup ) . Tujuannya adalah untuk saling mengenal satu sama lain. Selain itu, setiap peserta juga disuruh menampilkan yel yel yang sudah disepakati sesuai dengan pembagian kelompoknya , harapannya agar bisa menyemangati peserta diklat anggota pendekar pustaka sebelum adanya games

Acara ketiga ini adalah acara yang ditunggu-tunggu gaes yakni game. Game dipimpin oleh kak pipit dan kak Andrew selaku kakak panitia. Nama gamenya adalah game estafet bola. Aturan permainanya adalah menyalurkan bola sesuai dengan perintah , sambil berjoget , setelah itu di gol kan dengan cara pemain paling belakang menyalurkan bola lewat bawah / sela sela kaki lalu dimasukan ke dalam kerdus. Game ini perlu kecepatan dan konsentrasi lho ,,, karena perintah yang diistruksikan juga sangat cepat. Seruu… kan…… ????

Setelah game selesai , peserta diklat diberi waktu 1 jam untuk ishoma, istirahat, sholat dan makan makanan ringan. Karena jadwal makan berat masih nanti, kita hanya makan makanan ringan yang sudah dikumpulkan dan dibawa oleh temen-temen dari kelompok lain. Kita semua juga berfoto dan berselfie menikmati pemandangan alam yang ada di Hutan Pinus Semeru ini. Sungguh Pemandangan yang luar biasa, kita benar-benar memanfaatkan waktu untuk berfoto-foto, berselfie, ada juga yang memanfaatkan untuk beristirahat, bersantai dan juga bermain.

Den deng deng,, ishoma telah selesai. Acara selanjutnya adalah Berkeliling Hutan Pinus Semeru sesuai dengan Spot yang sudah ditentukan. Setiap kelompok dituntun berkeliling dan berjalan jalan didampingi oleh LO nya masing masing bahkan ada yang foto bersama kelompoknya dan LO nya juga lhoo… (Biar makin deket sama kakak-kakak LO nya)

Nah ini dia,,, tara… setelah kita capek2 berkeliling Hutan Pinus Semeru. Waktunya Makan-makan…. Makan-Makan ini tidak hanya makan-makan biasa lhoo.. Makan-makannya sekaligus sebagai Acara Tasyakuran Pendekar Pustaka yang masih aktif selama lima tahun ini dengan menu nasi kuning. Hmm… Mantap gaes… Sebelum Tasyakuran dimulai, tak lupa kita berdoa terlebih dahulu sebagi wujud Syukur kepada Allah SWT. Tasyakuran juga ada tambahan menu selain nasi kuning,yakni ada bakar-bakar Sosis lho ,,, Makin semangat makannya Gaes.. hehehe …. Sambil menunggu bakaran sosis dan persiapan makanan, terdapat pertunjukan bakat , setiap kelompok wajib menampilkan 1 pertunjukan bakat yang sudah disepakati.

Sebagai wujud kita Cinta Alam dan sebagai Pelopor Minat Baca. Perpustakaan memberikan sebuah Cinderamata kepada Hutan Pinus Semeru berupa buku-buku yang insya Allah bisa bermanfaat untuk Hutan Pinus Semeru dan Pengunjung Hutan Pinus Semeru. Tak lupa kita sangat berterimaksih kepada para pengelola Hutan Pinus Semeru sudah memberikan ruang untuk buku-buku berupa rak untuk tempat buku-buku yang kita hadiahkan. Semoga Bermanfaat ya pak… Jangan lupa kalo kalian anak SMK 3 sedang berkunjung atau main-main ke Hutan Pinus Semeru,, mampir ke Gazebo Baca Hutan Pinus Semeru yaa,,,

Alhamdulillah…. Acara diklat Perpustakaan telah selesai, kita semua mempersiapkan diri untuk pulang, tak lupa semuanya berkumpul dan berfoto untuk dokumentasi.Pukul 16.00 semua berkumpul di truk dan mulai perjalanan pulang. Sangking kecapekannya para peserta banyak yang terlelap .

Dan akhirnya , semua kembali ke rumah masing masing sekitar pukul 19.00 wib. Sungguh perjalanan yang melelahkan, seru dan menyenangkan. Selain tempat wisatanya yang menarik, para panitianya dan juga LO nya juga sangat baik hati dan juga penyayang ( zayang deh sama kakak LO , dan panitianya …)

Intinya,ekstrakulikuler pendekar pustaka bukan hanya sekedar menjaga perpustakaan, tapi juga ada kegiatan kegiatan menarik dan menyenangkannya, dan yang pasti juga menambah pengetahuan .

Saya sebagai penulis juga sebagai anggota kelas X dari pendekar pustaka. Saya tunggu acara dan kegiatan menyenangkan lainnya  dan tak bosan bosan saya ikuti acara dan kegiatan di ekstrakulikuler pendekar pustaka dengan sepenuh hati dan tanpa ragu ragu. Karna disinilah saya menunjukkan bakat minat dan hobi saya . Pendekar pustaka “pelajar pelopor minat baca”

by : Anindya Buditami  ( X Tata Busana 2 )

Leave a Comment