Merupakan suatu kebanggaan bagi SMK Negeri 3 Malang khususnya pada Kompetensi Keahlian Tata Busana yang telah berkolaborasi dengan pihak IFC (Indonesian Fashion Chamber) dalam pelaksanaan Bimbingan dan Uji Desain. Uji Desain ini  dilaksanakan selama 3 hari dan dihadiri oleh Bapak Agus Sunandar, S.Pd., M.Sn. sebagai pengujinya  serta  diikuti oleh kurang lebih 90 siswa kelas XII Tata Busana dimana sebanyak 58 siswa mengikuti Uji Desain sedangkan 32 siswa mengikuti Uji Entrepreneur.

Pada 2 hari pertama Uji Desain,  siswa diminta untuk membuat suatu produk “Mood Board” .  Mood Board  merupakan sebuah kolase secara fisik yang digunakan untuk membantu dalam mendeskripsikan sebuah konsep desain. Lalu dilanjutkan dengan pembuatan Story Board, Studi Bentuk, Desain Development, Final Desain dan diakhiri dengan Presentasi Hasil.

Sedangkan Uji Entrepreneur dilakukan oleh siswa kelas wirausaha yang langsung diuji oleh Ibu  Kiki Mahendra, S.Pd. dari pihak IFC. Terdapat 2 mata uji yang dinilai, mulai dari Menerima Pesanan (perencanaan sampai pesanan diterima konsumen) sampai Presentasi Laporan Hasil Perolehan Omzet selama 2 semester.

Penandatangan MoU dengan IFC
Peserta Uji Desain
Salah Satu Tema  Dalam Uji Desain
Salah Satu “Mood Board” Karya Siswa Uji Desain
Foto Bersama Peserta Uju Desain Denga Bapak Agus Sunandar, S.Pd, M.Sn

Leave a Comment